Saya politikus? Ha..ha..ha.. saya lebih suka disebut sastrawan mbeling yang memotret situasi di sekitar saya dalam bentuk tulisan....
Welcome to my blog, anyway!

Search This Blog

Thursday, April 19, 2007

KARTINI, SANG PEMIKIR KEMERDEKAAN INDONESIA


Media Konsumen, 19 April 2007

Tidak banyak yang tahu dari mana berasal judul kumpulan surat-surat Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Ternyata di dalam surat-suratnya, Kartini sering menulis kata-kata itu berulang-ulang yang terinspirasi dari Minadz zhulumaati ilan Nur yang berarti Dari Gelap Kepada Cahaya (al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 257). Begitu pun E.C. Abendanon yang mengumpulkan, mengedit dan menerbitkan surat-surat Kartini itu yang kemudian diberi judul “Door Duisternis tot Licht” tentu saja tidak mengetahui bahwa judul itu berasal dari al-Qur'an (Ida S. Widayanti, Majalah Suara Hidayatullah : April 2001).

Kartini bukan pejuang pergerakan wanita semata. Kartini adalah pejuang pembebasan pemikiran untuk bangsanya. Ketika teknologi informasi hanya berupa buku, majalah, kertas dan alat tulis, Kartini yang masih sangat muda mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan hanya melalui surat-menyurat dari tempat tinggalnya di tanah Jawa. Dengan kegelisahannya yang memilukan ia bergulat mencoba keluar dari pikiran dan tradisi feodal di sekitarnya.

Kartini wafat dalam usia yang sangat muda, yaitu usia 25 tahun, sebelum usai pencariannya dan perjuangannya. Namun dalam usia yang singkat itu ia telah menorehkan jejak perjuangan yang panjang dan dalam. Perjuangan mencari “cahaya” amat melelahkannya, namun membuahkan hasil.

Dalam usianya begitu muda ia bahkan telah dapat menginspirasikan sebuah pekerjaan besar bagi umat Islam di tanah Jawa waktu itu, yaitu terjemahan atau intepretasi kandungan Al-Quran ke dalam bahasa Jawa yang belum ada waktu itu kepada seorang ulama besar dari Semarang, KH Muhammad Soleh bin Umar (Ida S. Widayanti, Majalah Suara Hidayatullah : April 2001). Berkat pertemuannya dengan Kartini, Kiai Soleh tergugah untuk menterjemahkan Al-Qur'an ke dalam bahasa Jawa. Hasil terjemahan al-Qur'an (Faizhur Rohman Fit Tafsiril Quran) jilid ke I yang terdiri dari (hanya) 13 juz yang kemudian diberikannya sebagai hadiah pernikahan Kartini. Bayangkan sebuah hadiah perkawinannya adalah sebuah karya besar bagi sebuah komunitas besar manusia.. Sayang Kiai Soleh wafat sebelum menyelesaikan pekerjaan besar itu.

Sungguh menakjubkan, ternyata Kartini juga mempersoalkan persoalan mendasar umat Islam hampir di mana-mana hingga sekarang bahwa jika menjadi Muslim tidak perlu menguasai bahasa Arab. Cukup lah para ulama saja yang menguasai bahasa Arab, sehingga banyak Muslim yang tidak mengerti apa yang diucapkannya (dalam bahasa Arab) setiap hari. Lebih jauh lagi, hingga kini banyak Muslim yang tersesat karena selalu dan sering bertanya-tanya “apa hukum-nya mengenai sesuatu hal di dalam kehidupan sehari-harinya?”

"Mengenai agamaku Islam, Stella, aku harus menceritakan apa? Agama Islam melarang umatnya mendiskusikannya dengan umat agama lain. Lagi pula sebenarnya agamaku karena nenek moyangku Islam. Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, kalau aku tidak mengerti, tidak boleh memahaminya? Al-Quran terlalu suci, tidak boleh diterjemahkan kedalam bahasa apa pun. Di sini tidak ada orang yang mengerti bahasa Arab. Di sini orang diajar membaca Al-Quran tetapi tidak mengerti apa yang dibacanya. Kupikir, pekerjaan orang gilakah, orang diajar membaca tapi tidak diajar makna yang dibacanya itu. Sama saja halnya seperti engkau mengajarkan aku buku bahasa Inggris, aku harus hafal kata demi kata, tetapi tidak satu patah kata pun yang kau jelaskan kepadaku apa artinya. Tidak jadi orang sholeh pun tidak apa-apa, asalkan jadi orang yang baik hati, bukankah begitu Stella?" (Surat Kartini kepada Stella, 6 November 1899,


Kartini yang tidak bisa bersekolah formal dengan cerdik melakukan otodidak yang sekarang lebih populer dengan sebutan “home schooling” melalui surat-menyurat yang ia lakukan dengan banyak orang. Berkat iklannya di sebuah terbitan berkala di Belanda, "Hollandsche Lelie", Kartini mendapat sambutan luar biasa untuk berkorespodensi dengan para intelektual, guru, feminist, humanist, tokoh politik, pejabat pemerintah Belanda, anggota parlemen Belanda dan lain-lain.

Kartini yang fasih berbahasa Belanda menurut Pramoedya Ananta Toer di dalam buku “Panggil Aku Kartini Saja” adalah “pemikir Indonesia modern pertama yang menjadi pemula sejarah Indonesia modern sekaligus”. Saat itu belum ada Bung Karno dan Hatta dengan tulisan-tulisan atau pidato-pidatonya, tetapi Kartini sudah menyebut “nasionalisme” dengan kata “kesetiakawanan”. Idealisme itu disusunnya dengan kalimat seperti ini: “Rasa setiakawan memang tiada terdapat pada masyarakat Inlander, dan sebaliknya yang demikianlah justru yang harus disemaikan, karena tanpa dia kemajuan Rakyat seluruhnya tidak mungkin.”

Kartini pun tidak sekedar menulis tentang nasionalisme atau kesetiakawanan itu, tetapi juga mempraktekkannya dengan memberikan atau mengalihkan beasiswa ke Belanda yang seharusnya ia nikmati kepada seorang pemuda dari tanah Sumatra, yaitu Agus Salim. Kartini yang waktu itu dibelenggu oleh adat atau aturan yang mencekiknya tidak dapat pergi belajar ke Belanda, lalu memberikan beasiswa itu kepada Haji Agus Salim untuk menunjukkan pandangannya tentang kesatuan Jawa dan Sumatra atau sebuah benih dari rasa berbangsa Indonesia. Bahkan, ia pun menyiapkan diri untuk berinteraksi dengan “orang Indonesia” lain yang tergambar dalam sebuah surat di tahun 1902 kepada Stella Zeehandelaar, tentang rencana Kartini: “Kelak aku akan menempuh ujian bahasa-bahasa pribumi, Jawa dan Melayu."

105 lembar surat-surat yang ditulis Kartini dibukukan oleh JH Abendanon, mantan Direktur Departemen Pengajaran dan Ibadat Hindia Belanda di tahun 1911, beberapa tahun setelah kematian Kartini di tahun 1904, dengan judul “Door Duisternis tot Licht: Gedachten Over en Voor Het Javaansche Volk van Raden Ajeng Kartini” (Habis Gelap Terbitlah Terang: Pemikiran tentang dan untuk orang-orang Jawa dari Raden Ajeng kartini). Buku ini terbit di kota besar seperti Den Haag, Semarang atau Surabaya dan menjadi salah satu inspirasi bagi pemikir kemerdekaan Indonesia. Armijn Pane lah yang pertama kali menerjemahkan buku itu ke dalam bahasa Melayu menjadi “Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran” di tahun 1922 sehingga buku ini bisa dibaca banyak orang dan menjadi lebih populer. Kemudian Pramoedya Ananta Toer dari tahun 1956 hingga 1961 mencoba menggali sejarah tokoh ini dan menjadi biografi Kartini yang diberi judul “Panggil Aku Kartini Saja”. Seharusnya buku ini akan ditulis dalam 4 jilid. Namun Pemerintah Orde Baru yang ganas menuduhnya PKI, dan memusnahkan jilid ke 3 dan ke 4.

Kartini memang kalah bahkan mati muda. Kartini memang dipingit. Kartini memang menjadi korban ketidaksetaraan gender. Kartini memang menjadi bagian dari praktek poligami dan feodalisme. Kartini memang cuma sekedar menjadi pemikir yang penulis bukan pembuat aksi. Namun Kartini adalah pejuang pemikiran modern pertama dan menjadi inspirator bagi pemikir lainnya. Kartini sebagai perempuan dan sebagai orang yang teramat muda memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengamati persoalan jamannya yang ia tulis dalam bentuk surat menyurat dengan masyarakat di Eropa.

Kartini hidup dalam masa kebijakan Tanam Paksa karena kebangkrutan Pemerintah Belanda akibat Perang Diponegoro. Yohannes Van den Bosch diangkat menjadi Gubernur Jenderal di Hindia Belanda untuk melaksanakan kebijakan Tanam Paksa sekitar tahun 1835. Karena kebijakan itu, rakyat pribumi diwajibkan menanam seperlima dari ladangnya untuk menananm tanaman perdanganan dunia yang menempatkan Belanda pada peringkat teratas, yaitu tanaman nila, rempah, tebu, kopi, tembakau, kayu manis dan lada. Rakyat juga diwajibkan dalam setahun memberikan waktu bekerja untuk pemerintah penjajahan selama 66 hari secara suka rela.

Para operator Tanam Paksa adalah orang Belanda dibantu oleh kaki tangannya dari elite priyayi Pribumi yang bisa disebut sebagai para raja kecil, seperti ayah Kartini sendiri yang Bupati Jepara. Atas nama atau dengan mengusung nama Pemerintahan Negara, para raja kecil ini banyak yang berlaku keji dan korup kepada bangsanya sendiri. Perilaku ini ternyata sudah terbangun semasa Kartini hidup dan menjadi watak bangsa Indonesia hingga sekarang. Belanda dengan licik mempertahankan dan melindungi kekuasaan para raja kecil ini agar bisa terus menjadi kaki tangan dalam merampok hak-hak dan kemakmuran rakyat. Pendidikan hanya diberikan seperlunya saja, yaitu hanya kepada elite priyayi pribumi saja dan hanya laki-laki saja agar tradisi feodal yang tidak mencerdaskan bisa terus dilestarikan. Belanda yang menempatkan pusat pemerintahan Hindia Belanda di tanah Jawa sengaja melestarikan tradisi feodalisme Jawa itu agar aktivitas penjajahan bisa mulus berjalan. Namun Kartini yang cerdas dan peka mencoba memberontak dengan menggambarkan situasi feodalisme itu dalam satu suratnya di tahun 1899 bahwa ia yang putri seorang bupati menampik dipanggil Raden Ajeng. “Panggil Aku Kartini saja—itulah namaku!”

Posisi Belanda sekarang ini digantikan dengan negara-negara super power dan bahkan juga negara-negara tetangga (padahal negara kecil). Mereka sibuk menyedot dan mengangkuti kekayaan alam Indonesia mulai dari hutan, emas, minyak hingga pasir tanpa peduli pada global issues mengenai climate change atau global warming. Kesempatan rakyat untuk memberdayakan hidupnya dipangkas lewat berbagai kebijakan keji. Lihat misalnya kebijakan yang membuat Internet Murah menjadi sebuah mimpi di siang bolong (http://jojor.blogspot.com/2007/01/copy-paste-dari-internet.html), padahal Internet banyak diharapkan dapat mengakselerasi tingkat pendidikan atau pengetahuan. Sementara itu, Wakil Rakyat, para elite priyayi jaman modern ini gemar mangap menikmati berbagai suap dan tunjangan, seperti mesin cuci, laptop, studi banding dan lain-lain tanpa harus kerja membela rakyat. Watak korup dan keji itu juga menjadi selempang yang mengkilat pada para pejabat masa kini. Mereka tak pernah sibuk membela atau mengusung rakyat, tetapi sibuk tanpa takut dan malu sedikit pun untuk menjadi centeng, pelindung para bajingan. Mereka juga sibuk mencetak setan-setan berseragam coklat muda di IPDN (http://jojor.blogspot.com/2007/04/jejak-setan-di-ipdn.html) .

Ternyata kolonialisme di jaman Kartini dan kegelapannya tak pernah surut dan terus berjaya hingga 100 tahun lebih di jaman ini. Perempuan pun tak pernah dianggap utuh sebagai manusia. Apalagi perempuan miskin, yang karena tiadanya kesempatan untuk merubah nasib, akan menjadi manusia nista yang boleh dikirim oleh setan pengirim TKW ke kandang monster gila di luar negeri untuk dianiaya, diperkosa dan dibunuh. Jika tetap tinggal di negeri ini, mereka akan mencucurkan keringat darahnya di pabrik-pabrik busuk dan pengap, bukan menjalani salah satu tugas mulianya, yaitu mengasuh anak-anaknya agar-agar anak-anaknya tumbuh sehat dan menjadi calon warga terhormat dunia yang lebih baik. Sedangkan para laki-laki petani yang bercocok tanam di negeri ini dijerumuskan untuk menjadi pecundang yang tolol dan selalu miskin. Para priyayi lebih suka mereka menjadi robot dungu di kawasan-kawasan industri. Ini ‘kan jaman industri, kata mereka.

Sekali lagi, sejak jaman Kartini hingga sekarang, situasi itu lah yang kita hadapi dari hari ke hari. Lebih dari 100 tahun kemudian! Para pengusaha, yang jelmaan baru para penjajah, terus menguasai para raja-raja kecil di pemerintahan meski rakyat menjerit tersapu lumpur panas atau tersapu banjir bandang misalnya. Para penjajah pun dengan “kagum” terus menyeringai memandangi rakyat yang menjerit-jerit karena tempatnya mencari makan digusur tanpa diberi jalan keluar. Sementara itu penjajah di negeri seberang bertambah jaya dan makmur, sambil terus memberikan kita mainan perang-perangan melawan teroris atau mainan kebencian antar agama.

Jadi, jangan menyebut diri anda sebagai manusia Indonesia modern atau manusia Indonesia yang maju ketika ada perempuan di negeri ini yang sudah memperoleh kesempatan mendapat pendidikan setinggi-tingginya atau berkarier setinggi-tingginya atau menjadi pengusaha besar atau bahkan menjadi presiden perempuan di Indonesia, jika situasi penjajahan yang digambarkan oleh Kartini belum berubah....

Jojo Rahardjo

45 comments:

Unknown said...

Jojo, I wrote a posting about you and this article about Ibu Kartini. Thanks for such an inspiring article.

http://www.jennieforindonesia.com/?p=210

Jennie S. Bev

Anonymous said...

persoalan bahasa membuat kebanyakan orang islam menjadi islam turunan, tanpa pemahaman yg dalam akan isinya.

sampai saat ini pun masih terasakan tidak adanya koneksi antara kehidupan spiritual dengan keseharian, setidaknya terbukti dengan masih tingginya korupsi dan kemelaratan.

hal lain adalah kebebalan pikir, dengan sang guru sebagai penjaga dan pemilik kebenaran mutlak; ini membuat murid kehilangan daya kritisnya, dan menelan mentah2 apa pun yg dikatakan sang guru, meski tidak masuk akal sekalipun. salam.

Anonymous said...

Begitu baca judul post ini langsung kepikiran, bukannya udah terlalu telat kartini memikirkan kemerdekaan Indonesia?

setau saya udah lebih dari 200 tahun sebelum dia lahir seluruh rakyat indonesia pengen merdeka

dan dibandingkan dengan para pahlawan wanita yang benar2 berhadapan dengan belanda dan mengangkat senjata dan pedang, kartini hanyalah wanita rumahan yang masih terlalu kecil untuk tau apa arti kebebasan dan berjuang untuk mendapat kebebasan.

Anonymous said...

Kata Andriansah: "sebelum dia lahir seluruh rakyat indonesia pengen merdeka"....

Andriansah ini telah lahir atau telat ....

Andriansah bilang juga: "dibandingkan dengan para pahlawan wanita yang benar2 berhadapan dengan belanda dan mengangkat senjata dan pedang, kartini hanyalah wanita rumahan yang masih terlalu kecil untuk tau apa arti kebebasan dan berjuang untuk mendapat kebebasan." Kok, mirip cara berpikir IPDN? Perjuangan itu tentu tidak hanya secara phisik....

Anonymous said...

Salam kenal mas Jojo... saya tahu this noisy blog dari sista Jennie.
Ibarat irama kita mempunyai irama yg sama which is Rock.. hehehe gak deng bcanda mas... maksudnya free thinker.

sory to say Mas...
Semuanya menjadi dramatis dan populer ketika pemerintah menetapkan tgl 21 april sbg hari kartini dan kartini sbg simbol emansipasi. Padahal ketika jaman tsb wanita2 Indonesia sudah angkat sarung dan bertani disawah, jualan dipasar dll, bukan hanya berwacana tapi sudah praktek sosial.
Atau mungkin wanita2 di Aceh yg sudah ikut angkat senjata.

Kartini hidup di link. keraton Jepara yg notabene-nya feodal dan patriarki yg membuat dirinya merasa "terkungkung".

Apa yg dilakukan Kartini adl hanya berkirim surat pada teman2nya orang belanda (tdk ada kontribusi yg praktis) berbeda kalo kita menyebutkan misalnya: Abraham Lincoln yg berjuang menghapuskan perbudakan, Mahatma Gandhi dgn nilai2 "damai" atau Tan Malaka dgn Madilog-nya... semuanya bukan sekedar wacana tapi mereka ikut dlm kontribusi praktis.

Kartini tdk mewakili kompleksitas masalah perempuan "secara Indonesia".

Anonymous said...

Poligami atas nama Alloh dan nafsu, membuat para kyai, ulama dan tokoh muslim lainnya menjadi cabul. Padahal jelas sekali poligami merendahkan derajat wanita. Membunuh juga atas nama agama. Kekerasan atas nama agama. Kenapa menjadi begini?

Waktu jaman Majapahit, orang Jawa (Gajah Mada, dll) membuat nusantara makmur dan jaya. Orang jawa berkebudayaan tinggi, kreatif dan toleran.

Setelah Islam masuk di Jawa, negara kita hancur korban dari penajahan Belanda, Jepang, dsb. Korban dari korupsi, kekerasan/teror, malapetaka. Dan korban dari imperialisme Arab (Indonesia adalah negara pemasok jemaah haji yang terbesar di dunia). Bangsa Arab ini memang hebat sekali karena telah berhasil menemukan cara untuk memasukkan devisa untuk mereka sendiri. Sedangkan situasi ekonomi negara kita dalam keadaan yang sangat parah. Imperialisme Arab ini memang sangat kejam. Turun-temurun sampai anak-cucu, tidak tahu sampai kapan, nusantara diharuskan membayar "pajak" kepada Imperialisme Arab ini dengan alasan: kewajiban menjalankan rukun Islam.

Padahal, sebelum Islam (agama impor) masuk ke Jawa, orang Jawa sudah memiliki agama universal yaitu agama Kejawen.

Bagaimana caranya supaya orang Jawa kembali bisa memakmurkan negara kita yang tercinta ini?

Anonymous said...

Ada yang bertanya: Apakah Islam agama teroris?
Jawaban saya adalah: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

Tetapi, di dalam Al-Qur'an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

Al-Qur'an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10 atau 25? Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense dan absurde seperti ini di Al-Qur'an. Karena semua yang di Al-Qur'an dianggap sebagai kebenaran mutlak, maka orang muslim hanya menurutinya saja secara taken for granted.

Banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur'an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Jadi umat muslim terjebak.

Jojo Rahardjo said...

Antara tahun 1983-1985 saya membaca semua buku yang ditulis oleh Nazwar Syamsu. Ia adalah penulis yang buku-bukunya diharamkan karena menafsirkan ayat-ayat Al-Quran dengan cara yang tidak biasa. Menurut saya caranya cukup ilmiah. Salah satu caranya adalah ia membuat database seluruh kata-kata yang terkandung di dalam Al-Quran terlebih dahulu. Setelah itu ia menafsir sebuah kata di dalam Al-Quran dengan melihat database itu. Hasilnya tafsir Al-Quran yang tidak biasa dan dianggap menyimpang sangat. Saya menyukai Nazwar Syamsu karena ia seorang yang menyukai astronomi. Karena itu tafsirnya sering berbau astronomi. Sayang saya tidak memiliki lagi buku-bukunya dan saya tidak yakin di mana mencarinya lagi.

Anda menulis seperti ini: "Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur'an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi." Anda memilih kata "EXPLISIT", saya tidak yakin apakah yang anda maksudkan. Dari bahasa aslinya, "explicit" berarti exact, pricise, specific, definite. Apakah arti seperti itu yang anda maksudkan. Jika itu yang anda maksud, menurut saya anda belum banyak membaca buku-buku ilmiah mengenai Al-Quran (bukan buku-buku seperti kitab kuning, misalnya). Secara ilmiah, kata-kata yang digunakan Al-Quran itu amat "njelimet", sehingga menjadi multi-intepretable. Bagi saya, sebagaimana bangunan Pyramid di Mesir atau kitab Bible, saya memilih tafsir-tafsir yang "constructive" bagi peradaban manusia.

Salam

Jojo Rahardjo said...

Betul, saya setuju artikel itu menarik sekali. Sangat inspiratif. Meski demikian ada beberapa yang tidak akurat atau tidak hati-hati. Misalnya mengenai kontradiksi-kontradiksi di antara wahyu-wahyu langit. Siapa nama anak Abraham yang dikorbankan sebagai bukti ketaatan sebagaimana disebut di dalam Al-Quran dan Bible? Untuk kasus ini seharusnya ada penelitian terlebih dahulu untuk menentukan tingkat keaslian atau penyimpangan atau distorsi dari dua buku wahyu itu. Baru kemudian menentukan apakah kasus itu boleh disebut sebagai kontradiksi.

Misal yang kedua adalah mengenai mengapa Bible menyebut Jesus sebagai Tuhan, sedangkan Al-Quran menganggap cuma nabi. Untuk kasus ini saya hanya akan menyebut 1 buku saja sebagai acuan, yaitu "100 Tokoh Yang Paling Berpengaruh di Dunia". Di buku itu disebutkan agama Kristen dibangun dan disebarkan bukan oleh Jesus atau Isa, tetapi oleh seorang tentara Romawi.

Salam.

Anonymous said...

@Jojo Rahardjo
Terima kasih atas tanggapannya.
Menurut saya, penulis artikel ini sangat objektif. Dia tidak mau menyudutkan agama apapun. Dia coma tidak setuju dengan penggolongan agama yang semena-mena. Meninggikan agamanya sendiri.

Mengenai "100 Tokoh Yang Paling Berpengaruh di Dunia", yang anda sebutkan, ini mungkin bisa membuat umat tertentu tersinggung. Sedangkan penulis sama sekali tidak ada maksud untuk membuat tersinggung siapapun.

Ini adalah penguraian yang jernih, objektif dan gampang dimengerti.

Jojo Rahardjo said...

Saya tidak tahu apa agama yang dianut oleh Michael Hart, penulis buku "The 100 most influential persons in history" ini. Tetapi saya kira dia bukan muslim.

Anonymous said...

Saya menemukan suatu hal yang sangat mengejutkan hati saya. Ini website-nya: http://agamarasional234.blogsource.com/

Dalam artikel tsb, di bawah ini adalah salah satu kontradiksi yang dipaparkan:

"Bila melihat latar belakang kehidupan Muhammad, adalah sulit sekali untuk dapat menerima bahwa ia adalah seorang yang suci. Peri kehidupan sexnya dengan banyak pelayan wanitanya/harem dan terlebih lagi dengan Aisha, gadis yang baru 9 tahun umurnya, sangat mengherankan dan mengerikan. Hubungan sex antara pria umur 54 th (Muhammad) dan Aisha (9 th) bila terjadi saat ini akan disebut kasus pedophili, dan pelakunya (yang dewasa) dapat dituntut hukuman penjara. Hal ini juga merupakan kontradiksi logika yang luar biasa (seorang nabi melakukan pedophili)."

Jojo Rahardjo said...

Saya mencoba baca situs yang disebutkan oleh Saleh Aziz. Sayang baru beberapa paragraph, saya tidak tertarik untuk meneruskannya. Tulisan dalam situs itu ditulis dengan penuh prasangka (buruk). Referensi yang digunakan tidak disebutkan secara jelas untuk memperkuat argument (lebih tepat prasangka) yang disampaikan.

Saya bukan ahli dalam urusan kehidupan pribadi Muhammad. Meski demikian saya tidak yakin Aisyah dinikahi Muhammad pada usia 9 tahun. Mungkin di atas 12 tahun.

Anda (Saleh Aziz) mengutip seperti ini: "Peri kehidupan sexnya dengan banyak pelayan wanitanya/harem dan terlebih lagi dengan Aisha, gadis yang baru 9 tahun umurnya, sangat mengherankan dan mengerikan."

Kalimat itu seolah-olah Aisyah adalah salah satu pelayan wanitanya/harem, bukan istri yang dinikahi. Padahal sepanjang saya tahu dan saya yakin adalah catatan sejarah yang akurat dan tidak terdistorsi, Aisyah adalah istri yang dinikahi bukan harem.

Sekali lagi saya bukan ahli dalam kehidupan pribadi Muhammad. Oleh karena itu saya tidak bisa membahas, apakah Muhammad menikahi istri-istrinya untuk kesenangan sex semata atau untuk tujuan lain atau karena kelainan prilaku seperti Saleh Aziz tulis: "Hubungan sex antara pria umur 54 th (Muhammad) dan Aisha (9 th) bila terjadi saat ini akan disebut kasus pedophili, dan pelakunya (yang dewasa) dapat dituntut hukuman penjara. Hal ini juga merupakan kontradiksi logika yang luar biasa (seorang nabi melakukan pedophili)."

Pada situs yang disebutkan oleh Saleh Aziz itu, tertulis judul di bagian atas DISKUSI AGAMA YANG RASIONAL dan dengan subjudul AGAMA TANPA NALAR = BUBAR SAJA. Saya ingin setuju dengan konsep berpikir seperti itu, tetapi isi situs itu justru nampak tanpa nalar, bahkan jauh dari akal yang sehat.

Anonymous said...

@ Jojo Rahardjo,

Kalau memang Muhamad (54 th) adalah seorang tauladan, seharusnya dia tidak berkemauan untuk menikahi Aisyah yang kekanak-kanakan itu. Malah pikiran untuk itupun seharusnya tidak ada.

Masalahnya, kenapa Muhamad memperkenankan diri untuk melewati “garis merah” ini (menikahi anak ingusan/bocah)?

Tidak ada orang tua yang mau mengawinkan anak bocahnya dengan lelaki yang berumur 54 th. Kalaupun ada orang tua yang memang gila mengorbankan anaknya seperti ini, lelaki yang berumur lebih dari 50 th pasti menolaknya. Inilah yang disebut dengan nilai kemanusiaan.

Kita mengetahui bahwa tidak ada alasan bagi Muhamad untuk menikahi Aisyah yang kekanak-kanakan itu (seperti untuk menghindari mala petaka, menyelamatkan dunia, dsb.). Tapi untuk kepentingan apa/siapa?

Dengan nalar kita (baik dulu maupun sekarang), hal ini sangat sulit untuk diterima. Mohon maaf...

Jojo Rahardjo said...

Sekali lagi, saya bukan ahli kehidupan pribadi Muhammad dan soal-soal di sekitarnya. Jadi saya tidak bisa membahas apa yang Saleh Aziz ingin bahas. Seperti misalnya soal Aisyah yang disebut oleh Saleh Aziz sebagai kekanak-kanakan, bocah dan anak ingusan.

Pertanyaan pertama yang muncul di kepala saya adalah Apakah yang dimaksud kekanak-kanakan oleh Saleh Aziz? Lalu, apa ukuran yang digunakan Saleh Aziz, bahwa seseorang bersifat kekanak-kanakan? Berapa umur seseorang untuk bisa disebut kekanak-kanakan? Apakah faktor tempat, waktu atau budaya bisa mempengaruhi ukuran kekanak-kanakan? Sumber manakah yang digunakan Saleh Aziz untuk berpendapat seperti ini?

Jika sudah panjang lebar kita berbicara soal itu, baru kita bisa berbicara soal selanjutnya yang berkaitan dengan itu.

Menyatakan pendapat tentu gampang sekali, tetapi apakah pendapat itu menjadi bernilai tinggi atau menjadi serapah doang terlihat dari digunakannya nalar, akal sehat dan tidak berprasangka atau mengira-ngira atau ngelindur doang....

Nampaknya Saleh Aziz ini mengira telah menggunakan nalarnya. Jadi tolong kepada Saleh Aziz agar jangan buang-buang waktu anda, saya dan pembaca lainnya....

Anonymous said...

S0DvCd The best blog you have!

Anonymous said...

OQcGUB Hello all!

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Uqd9k1 write more, thanks.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Good job!

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Hello all!

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

Anonymous said...

I'm not a complete idiot, some parts are missing!

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

Ever notice how fast Windows runs? Neither did I.

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.