Saya politikus? Ha..ha..ha.. saya lebih suka disebut sastrawan mbeling yang memotret situasi di sekitar saya dalam bentuk tulisan....
Welcome to my blog, anyway!

Search This Blog

Wednesday, December 16, 2009

FB DAN PILAR KE-4 DEMOKRASI

Saya memang terus percaya pada pilar ke-4 demokrasi, yaitu media massa. Pilar ke-4 ini bisa ikut menentukan arah dari gerak negeri ini. Dulu di akhir tahun 90-an, salah satu yang menentukan dalam kejatuhan Suharto adalah juga media massa konvensional ditambah media yang menggunakan teknologi informasi; kira-kira tahun 94 Internet pertama kali masuk ke Indonesia, kemudian jumlah TV swasta juga waktu itu semakin banyak, ditambah lagi TV satelit berupa chanel-chanel gratis pada masa sebelum tahun 97 dan kemudian paytv Indovision yang mulai tahun 97. Itu semua mempengaruhi cara berpikir banyak orang mengenai negeri ini, khususnya mengenai demokratisasi.

Sekarang setelah lebih dari 10 tahun usia Internet di Indonesia, muncul FaceBook yang fenomenal. Sebelum ada FB, orang berdiskusi di Internet di berbagai milis, misalnya dengan menggunakan YahooGroups. Sekarang, FB juga bisa digunakan untuk berdiskusi, bahkan lebih mudah. Apa yang kita sampaikan melalui FB, misalnya melalui 'Notes', bisa dengan mudah menyebar ke seluruh pengguna FB. Sebagai contoh adalah dukungan sejuta pengguna FB pada Bibit & Chandra yang hanya dalam beberapa hari bisa mendapatkan dukungan lebih dari 1 juta pengguna FB (sekarang, 12 November, 1.236.594 pendukung). Ini berkat pertukaran informasi yang begitu cepat dan banyak melalui FB, apalagi FB mudah digunakan. Selain 'Notes', tulisan atau berita di berbagai situs Internet dipertukarkan sesama pengguna FB sehingga membentuk satu opini yang sama, yaitu Bibit & Chandra telah menjadi korban sebuah konspirasi yang di dalamnya antara lain adalah koruptor, makelar kasus, pejabat kepolisian dan pejabat kejaksaan.

Memang pembentukan opini di FB mengenai Bibit & Chandra ini nampaknya mudah dikerjakan, karena memang terlampau jelas terlihat pihak kepolisian sangat memaksa meski bukti-buktinya kurang cukup agar Bibit & Chandra bisa diamputasi perannya sebagai pimpinan di KPK.

Jadi, anda pun sangat diharapkan untuk menulis di FB atau di mana saja di Internet. Selain menulis, anda pun diharapkan agar lebih aktif menggunakan FB dalam kerangka untuk memperkuat pilar ke-4 demokrasi itu, misalnya mempertukarkan informasi penting yang berkaitan dengan soal-soal demokrasi atau soal-soal besar di negeri ini. Semakin banyak yang menulis dan semakin banyak yang aktif di FB, semakin kuat lah pilar ke-4 ini untuk mempengaruhi atau memperbaiki ke-3 pilar lain yang bobrok itu. Anda pun sangat diharapkan untuk tidak ikut-ikutan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, karena sistem politik yang kita miliki (sebenarnya juga di seluruh dunia) masih memungkinkan para baboon, anjing, babi dan lain-lain yang berderajat binatang untuk bisa menduduki kursi legislatif.

No comments: