Saya politikus? Ha..ha..ha.. saya lebih suka disebut sastrawan mbeling yang memotret situasi di sekitar saya dalam bentuk tulisan....
Welcome to my blog, anyway!

Search This Blog

Wednesday, December 16, 2009

SEKOLAH UNTUK ORANGTUA


http://www.facebook.com/home.php?#/note.php?note_id=215920279702

Thank God! Sekolah untuk orangtua nambah lagi (lihat gambar). Mudah-mudahan semua sekolah orangtua ini membawa manfaat bagi masa depan Indonesia. Anak-anak yang berkembang dengan baik di masa sekarang akan membawa Indonesia ke masadepan yang lebih baik. Sudah saatnya bagi pemerintah untuk memikirkan membuat program nasional untuk mendidik para orangtua ini.

Dalam brosur sekolah ini (yang saya peroleh melalui FB ini dari seorang teman, Nino Hartanto):
Kami mengajak anda untuk ambil bagian membangun peradaban yang lebih berkualitas. Sekolah ini membuat target tidak sekedar bagaimana menjadi orangtua yang yang baik, tetapi bagaimana mencapai peradaban yang lebih berkualitas! Jika lebih banyak orangtua yang tahu bagaimana mengembangkan anak-anaknya tentu kita juga bisa berharap pada Indonesia yang lebih maju satu generasi mendatang.

Selain peradaban, di dalam brosurnya, sekolah ini mengingatkan bahwa sumber masalah dari anak adalah orangtua. Berapa banyak orang tua yang bisa mengerti ini apalagi mau mengerti bahwa merekalah sesungguhnya penyebab bermasalahnya anak-anak mereka. Kebanyakan orang dewasa memang siap menikah, tetapi tidak siap menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak mereka.

Beberapa orang beranggapan agama bisa digunakan untuk mengembangkan anak. Padahal agama bagi kebanyakan orang adalah daftar haram dan halal, surga dan neraka, pahala dan dosa, setan dan malaikat, beribadah dan tidak beribadah, Tuhan dan manusia. Hanya itu. Perlu kemampuan intelektual atau spiritual yang berlebih untuk memandang agama sebagai kaya akan petunjuk. Apalagi di zaman yang semakin hiruk-pikuk dengan berbagai media ini, peran agama untuk menjadikan manusia yang lebih baik semakin buram saja. Sekolah untuk orang tua tentu dibentuk berdasarkan ilmu-ilmu pengetahuan manusia yang telah dikembangkan selama ratusan tahun, seperti psikologi atau kedokteran, sehingga tentu lebih fokus pada bagaimana mengembangkan anak dibanding peran agama (yang dipahami kebanyakan orang) yang tidak fokus.

Sudah ada beberapa situs mengenai parenting seperti parenting.co.id sekolahorangtua.com atau yang berbahasa Inggris, parenting.com , namun berapa orang yang bersedia mengunjungi dan mempelajarinya?

No comments: