Saya politikus? Ha..ha..ha.. saya lebih suka disebut sastrawan mbeling yang memotret situasi di sekitar saya dalam bentuk tulisan....
Welcome to my blog, anyway!

Search This Blog

Tuesday, October 26, 2004

MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA

"INTERNET MARKETER KELAS WAHID",
TAPI HATI-HATI!


Beberapa bulan terakhir ini ramai dibicarakan di media tentang sukses Anne Ahira menangguk uang berlimpah melalui Internet. Ia adalah seorang mojang dari Bandung berusia 24 tahun yang memiliki penghasilan ribuan dollar per bulan. Apa yang dikerjakan oleh Anne Ahira? Katanya cukup di rumah, dengan komputernya 1 atau 2 jam sehari, yaitu menjalani pekerjaan sebagai Internet Marketer. Apa itu Internet Marketer? Dan apakah betul semua kisah itu sebagaimana juga sudah ditulis oleh beberapa media cetak besar dan diudarakan oleh beberapa radio di Jakarta?

Saya tidak pernah memperoleh spam (e-mail dari orang tidak dikenal dan mengenai hal yang mungkin tidak kita inginkan atau pedulikan) mengenai Anne Ahira ini, mungkin karena e-mail filter saya bekerja dengan baik. Namun kira-kira di bulan Mei 2004, saya pernah melihat iklan Anne Ahira dan Internet Marketingnya di http://www.iklanbaris.com/. Tidak terlintas sedikit pun untuk membuka websitenya di http://www.anneahira.com%20/ apalagi membaca penjelasan dari tawarannya untuk menangguk uang berlimpah di Internet. Karena tawaran-tawaran menjadi kaya secara instant melalui Internet sudah terlalu banyak, bahkan kebanyakan menipu. Bunyi iklan Anne Ahira itu hampir mirip dengan salah satu iklan Internet Marketing beberapa tahun yang lalu yang menawarkan e-book http://www.lowongan-kerja.tk/ tentang bagaimana menggunakan Internet secara maksimal untuk mendapatkan uang, tetapi hingga kini tidak ada berita mengenai orang menjadi kaya karena e-book itu.

Namun kemudian saya menjadi terkejut ketika banyak orang membicarakan seorang mojang Bandung yang menangguk banyak uang melalui Internet Marketing. Rupanya bulan Juni lalu harian Kompas http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0406/21/ekonomi/1096839.htm dan kemudian beberapa media cetak lain dan radio (Female dan Delta) telah menulis dan menyiarkan hasil wawancara dengan Anne Ahira. Majalah SWA baru-baru ini tanggal 2 September bahkan menyebut Anne sebagai salah satu Maestro dari zaman Kiwari http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/details.php?cid=1&id=964&pageNum=1.

Beberapa orang juga menyatakan di Internet telah menyaksikan wawancara Anne Ahira di Metro TV dan membaca di harian Republika http://www.mail-archive.com/duit_internet@yahoogroups.com/msg00221.html

Nama Anne Ahira adalah nama yang bisa digolongkan nama spammer (pelaku spam), tetapi mendapat “kehormatan” untuk diwawancarai oleh media besar. Maka saya tertarik untuk untuk mencari tahu, apakah ini juga seperti Jusuf Randy di tahun 80-an yang terlihat sangat perfect pada awalnya. Dari wawancara di media-media itu saya tidak melihat bagaimana detail dari usahanya untuk mendapatkan uang melalui Internet. Jika ingin menjadi jelas selalu dengan cara mengunjungi situs Anne Ahira di atas. Tetapi di situs itu, ternyata nampak pola multi level marketing (MLM) di Internet.

Ahira memang tidak menjanjikan menjadi kaya hanya dalam hitungan hari atau mingguan sebagaimana janji Internet Marketer atau MLM lainnya, tetapi paling tidak 18 bulan lamanya. Dan itu pun dengan menghabiskan uang berjuta-juta rupiah setiap bulannya sehingga business yang ditawarkan oleh Ahira nampak “lebih masuk akal”. Untuk menangguk uang yang banyak harus dengan berinvestasi yang tidak sedikit juga. Tetapi justru di sinilah netter dari kelas ekonomi menengah (target dari bisnis ini) bisa terbujuk untuk mencoba dengan 1 atau 2 juta rupiah, dan kalau belum berhasil akan menambah 1 atau 2 juta lagi. Sedangkan Ahira mungkin telah berhasil menghasilkan uang dari bisnisnya itu yang tentu akan sulit untuk melihat buktinya. Begitu juga uang yang sudah ditanam di bisnisnya itu yang katanya seharga mobil kijang tidak akan terlihat buktinya. “Bukti” mungkin bukan hal yang penting dalam bisnis MLM online atau Internet Marketing, apalagi yang menjadi sasaran adalah kelas ekonomi menengah ke atas.

Beberapa situs di bawah ini telah menyebut kebesaran dan kesuksesan nama Anne Ahira. Isinya tentu dapat memotivasi pembacanya untuk mengikuti jejaknya. Beberapa situs itu isinya sama, dan beberapa situs meski alamatnya berbeda tetapi menuju ke situs yang sama (redirect). Namun semua situs-situs ini adalah situs Internet Marketing dan MLM.
http://www.selfgrowth.com/articles/Ahira1.html
http://www.asianbrain.com/
http://ahirasecret.cjb.net/
http://www.achievenetprofits.com/archive/issue072.shtml
http://www.amazing-ahira.com/
http://ezinearticles.com/?Network-Marketing,-Multi-Million-Dollar-Business-or-Just-a-Spam?&id=730
http://www.eliteteaminternational.com/testimonials.html
http://www.incomelayers.com/
http://www.ideamarketers.com/library/article.cfm?articleid=31457
http://www.innov8tive.net/InternetM/
http://www.eliteteamstar.com/
http://www.ahirasolution.com/
www.eliteteammarketing.com/13942
http://www.thebestaffiliate.com/

Bagaimana pun saya ragu, Ahira bisa menghasilkan ribuan dollar per bulan. Maka saya pun ragu Ahira, sebagaimana yang diakuinya, telah menghabiskan uangnya sebesar mobil Kijang untuk mengexplore Internet, mempelajari strategi marketing terbaru dan menemukan sendiri rahasia menangguk uang berlimpah dalam 2 tahun terakhir hidupnya. Too good to be true!

Perhatikan baik-baik apa yang ditulis oleh Anne Ahira dalam http://www.anneahira.com%20/ di bawah ini. Bagi netter yang sering memperhatikan bagaimana para MLM Internet Marketer menulis di situs mereka, maka akan mengenali formatnya yang didisain oleh perusahaan MLMnya bukan didisain sendiri oleh Internet Marketernya yang dalam hal ini adalah Anne Ahira.

“Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk bisnis Retire Quickly ini? Selain biaya untuk koneksi internet anda harus siap untuk INVEST MINIMAL 1 juta rupiah PER BULAN. Jumlah tersebut JAUH lebih kecil daripada biaya yang harus dikeluarkan bila anda belajar sendiri tentang Internet Marketing.”


Menjual Pepesan Kosong

Internet MLM Marketer atau bahkan MLM Marketer offline (Amway misalnya) selalu mengatakan kepada anda bahwa anda akan menghemat sekian juta rupiah, sekian jam, sekian bulan jika membeli sesuatu yang disebut starter pack. Padahal justru starter pack-nya yang menjadi salah satu sumber penghasilan perusahaan MLM ini.

Rincian biayanya adalah sebagai berikut: Retire Quickly Membership: US$67 per bulan (untuk awal masuk hanya $60, bulan berikutnya baru $67). Autoresponder : US$19.95 per bulan ( ini adalah salah satu alat marketing yang HARUS dimiliki oleh seorang Internet Marketer, Elite Team tidak menyarankan untuk memakai Autoresponder yang gratisan). Biaya advertising disarankan minimal US$30 per bulan. (lebih bagus kalau bisa lebih dari $30 per bulan). Biaya total kurang lebih US$120 per bulan = kurang lebih 1 juta rupiah!

Apa yang kita dapat dari Retire Quickly dengan membayar $67 per bulan ini? Kita dapat kursus "How To Retire Quickly", akses ke Financial Library, juga Financial Helpline (kita bisa konsultasi tentang keuangan dengan ahli financial dari Amerika). Terus... kita juga dapat Lifestyle Management System, Web Conferencing, eDoc America (kita bisa berkonsultasi dengan dokter di Amerika tentang segala sesuatu yang menyangkut kesehatan secara gratis lewat email), dan lain-lain, pokoknya banyak deh!

"How To Retire Quickly", pada paragraph di atas adalah tentu bukan cara yang lain selain mengikuti program Retire Quickly yaitu menjadi Internet Marketer untuk perusahaan MLM Retire Quickly. Apa yang dijual? Anne Ahira pun menjelaskan dengan gamblang di paragraph di bawah ini. Tetapi sebenarnya anda akan digiring menjadi penjual membership sebagaimana di MLM offline (Amway misalnya), meski pun di sini Ahira memolesnya menjadi penjual “services” dan “Financial Education” sebagaimana tertulis di bawah ini.

Semua "produk" Retire Quickly ini memang bentuknya "virtual" alias tidak kelihatan! Tidak seperti kalau kita beli makanan, ada wujudnya. Produk mereka kebanyakan adalah 'service' dan "Financial Education!" Kalau menurut saya sih.. sama saja, seperti kita "sekolah", kita dapat "pelajaran" dan "ilmu" dari sekolah yang tidak bisa kelihatan 'wujudnya'! Dan kita juga "iuran" buat sekolah tiap bulan, bukan?!... Cuman bedanya, di Retire Quickly, meskipun kita ada iuran tiap bulan, kita juga berkesempatan untuk MENGHASILKAN UANG.

MLM offline dan MLM online adalah sama-sama menjual memberships sebagaimana yang disebutkan Ahira:

“Asal tahu saja, untuk setiap SATU membership yang terjual, anda mendapatkan satu kali bonus sebesar US $41.50. Bila anda bisa menjual 3 membership, anda akan mendapatkan hampir $125 sbg bonus, bonus ini sudah bisa menutupi modal anda per bulan! Anda tidak harus selalu bisa menjual 3 membership setiap bulan... khan kewajibannya juga "hanya menjual 4". TAPI... kalau bisa lebih banyak, ya lebih baik! tentunya anda akan bisa mencapai goal anda lebih cepat!”


Tidak Dijamin Berhasil Kecuali Gigih dan Kerja Keras!

Sebenarnya ada 1 (satu) hal yang amat menonjol yang tidak bisa dijanjikan oleh perusahaan MLM kepada membernya, yaitu kepastian berhasil menangguk uang berlimpah sebagaimana Ahira mengaku telah menangguk uang berlimpah. Perusahaan MLM selalu menekankan dan mengingatkan bahwa keberhasilan akan amat tergantung pada upaya anda. Padahal idealnya jika misalnya kita harus menghitung sendiri business plan dari bengkel mobil yang kita bangun sendirian, maka tentu jika terjun menjadi member dari sebuah MLM, idealnya kita memperoleh sebuah business plan yang lebih menjamin keberhasilan bukan menyerahkannya pada gigih atau tidaknya upaya kita. Mengapa business plan dari semua MLM tidak menjamin membernya menjadi gigih?

Anne Ahira menjelaskan dengan kalimat-kalimat berikut:

“Berapa lama kira-kira seseorang bisa mendapatkan $6,569 PER BULAN dari Retire Quickly Program? TERGANTUNG ANDA! Bila anda mengikuti arahan dari Elite Team, dan MELAKUKANNYA sesuai dengan yang disarankan, anda bisa "Pensiun (lebih) Awal". Elite Team TIDAK PERNAH berjanji atau memberikan garansi bahwa anda akan berpenghasilan $6,569 per bulan dalam kurun waktu tertentu. Itu semua tergantung anda. Saya tidak pernah tahu kapan anda bisa menjual 4 membership, yang saya lakukan adalah MEMBANTU dan MENGAJAR anda supaya tahu BAGAIMANA "cara" menjual 4 membership Retire Quickly ini lewat Elite Team Training. Banyak orang bisa menjual 4 membership dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan bahkan 1 minggu, ada juga yang perlu lebih dari 6 bulan. Tergantung orang itu sendiri! Elite Team ini hanyalah suatu SYSTEM yang bisa membantu bisnis anda mencapai tujuan ( mendapatkan $6,569 per bulan).”

Hal yang amat jelas menggambarkan bahwa business plan dari Anne Ahira ini adalah format Internet MLM atau dagang membership atau dagang pepesan kosong (tapi dapat uang!) nampak pada situs http://www.rahasiasuksesahira.com/ . Situs ini adalah situs yang sudah diprogram untuk digunakan oleh member menjadi dowline dari Ahira. Jika anda ikuti (kunjungi) link-link di dalamnya maka alamatnya akan tetap sama yaitu http://www.rahasiasuksesahira.com/ meskipun isinya berbeda.

Agar tidak nampak jelas seperti pepesan kosong, pada wawancara dengan harian Kompas hari Senin 21 Juni lalu yang dikutip di bawah ini, Ahira menyatakan bahwa ada beberapa produk yang dijualnya, tetapi sulit untuk melihat apakah betul Ahira menjual beberapa produk, bukan hanya menjual membership sebagaimana yang umum dilakukan di MLM.

“Melalui affiliate marketing, Hira melakukan penjualan langsung putus, jadi kalau mau mendapatkan uang harus terus menjual. Barang yang ditawarkan apa saja, mulai dari buku, informasi, software, marketing tool, atau barang apa pun yang bisa terlihat dan bisa terjual. Hira tidak menjual barang sendiri, tetapi sebagai "reseller" atau membantu menjualkan barang orang lain untuk mendapatkan penghasilan dari komisi.

Sebagai contoh, jika ada pengarang buku atau pengembang software, sebut saja misalnya si A membuat buku dengan tema "internet marketing" atau informasi apa saja. Si pengarang ini mengorbitkan bukunya di internet dan membuka afiliasi untuk para internet marketer.

Nah, tenaga internet marketer di seluruh dunia, termasuk juga Ahira, biasanya menawarkan diri dengan mendaftar sebagai tenaga penjualnya. Akan tetapi, tidak semua tawaran langsung diambil, biasanya dipelajari terlebih dahulu isi buku atau software yang ditawarkan dan target pasarnya.”

Di situs Ahira, http://www.rahasiasuksesahira.com/ yang saya kunjungi, tersebut nama Tius Piepin sebagai sponsor untuk mendaftar menjadi member dari perusahaan MLM Retire Quickly. Nanti jika anda sudah terdaftar dan mencari member baru, maka anda akan otomatis mendapatkan situs dengan alamat yang sama, dengan isi yang sama, kecuali nama Tius Piepin akan digantikan dengan nama anda. Begitu seterusnya, seolah-olah situs itu hanya satu.


Spamming Yang Ditimbulkan Anne Ahira di Internet

Apa yang dilakukan oleh Anne Ahira adalah Spamming di Internet karena telah memicu kegiatan spamming oleh reseller-nya atau memicu banyak orang lain untuk menawarkan MLM Retire Quickly ini kepada orang lain lagi, baik melalui e-mail maupun melalui situs-situs iklan atau milis. Beberapa pakar IT menyebut kegiatan ini sebagai tidak etis, karena situs-situs web tersebut penuh dengan slogan-slogan yang menawarkan uang banyak yang didapatkan dalam waktu cepat, dikerjakan dari rumah, dikerjakan secara paruh waktu, dan sebagainya. Padahal dengan melihat sekilas situs webnya kita sudah dapat melihat bahwa itu adalah situs web scam karena berusaha memikat calon “member” untuk hanya membeli “informasi” atau membership yang ia jual dan kemudian menjadi reseller dari produk yang virtual. Tidak lebih. Memang kegiatan ini bisa membuat seseorang memperoleh uang banyak, sebagaimana yang Anne Ahira dapatkan. Meski pun tidak sebanyak yang diakuinya.

Siswo Nugroho, adalah nama sebelum Anne Ahira muncul. Ia pemilik situs http://www.berkembang.com/ dan http://www.alatpromosi.com/ yang menjual Magic Mail Sender dan Magic Milist Manager. Ia lama malang melintang di Internet memicu spamming. Member-membernya yang jadi reseller-nya giat membombardir milis atau situs iklan baris dan mempromosikan dagangannya sebagaimana yang sekarang dilakukan oleh member dari Anne Ahira. Produk-produknya banyak bermunculan tak terkendali di situs-situs iklan baris, di semua jenis kategori. Produk tersebut dijual melalui sistem reseller. Setiap pelanggan yang membeli akan otomatis berhak menjadi reseller. Rupanya produk ini memang menarik hati para “penggemar e-marketer” pula, sehingga mereka pun berpromosi ke mana-mana dengan melakukan spamming.

Dari tahun ke tahun jumlah e-mail spam ini semakin banyak meski biaya yang telah dikeluarkan dunia IT untuk mencegah spamming ini telah demikian besar, karena spamming dapat menyebabkan bandwidth yang tersumbat. Untuk perusahaan atau organisasi yang mengandalkan interaksi dengan pihak lainnya tentu bisa menimbulkan dampak yang kurang diharapkan jika 75% dari e-mail yang masuk setiap harinya adalah spam.


Memahami Fenomena Anne Ahira

Tulisan ini tentu untuk memberi suatu pertimbangan bagi yang pernah melihat spam Anne Ahira di Internet dan tergoda untuk mencobanya. Karena tidak adil bagi pengguna Internet yang tidak memiliki kedalaman pengetahuan di bidang Internet untuk memahami dengan mudah apa yang dilakukan oleh Anne Ahira hanya dengan membaca apa yang disampaikan oleh Anne Ahira dan para reseller-nya.

Sekarang Anne tidak bisa ditemui lagi di Indonesia, karena sedang sibuk menjadi pembicara di Amerika. Memahami Anne Ahira tidak akan semudah mengunjungi situsnya atau mengunjungi tempat tinggalnya atau bahkan bertemu dengan Anne Ahira karena ia tentu memiliki hak untuk tidak merespon pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan, misalnya bukti penghasilannya. Tetapi satu hal yang pasti Anne Ahira adalah seorang Marketer yang luar biasa karena untuk menjalankan bisnisnya bisa mendapat publikasi melalui Kompas, SWA, begitu juga radio Female dan Delta di Jakarta. Lihat link-link berikut ini:
Kompas http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0406/21/ekonomi/1096839.htm
http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/details.php?cid=1&id=964&pageNum=1.
http://www.mail-archive.com/duit_internet@yahoogroups.com/msg00221.html

Namun, saya yakin itu bukan wawancara, tetapi “iklan” karena semua media itu kehilangan daya kritisnya ketika mewancarai Anne Ahira. Media-media itu menjadi silau dengan pengakuan Anne menangguk uang tanpa bersikap kritis dengan bukti dan bagaimana Anne menangguknya.

Anne Ahira memang sebuah fenomena baru di Internet. Saya belum pernah mendengar seorang Internet Marketer dari sebuah MLM di Internet yang mendapat publikasi seperti yang diperoleh Anne Ahira. Sehingga publikasi ini bisa menjadi semacam pengakuan bahwa apa yang dijalani oleh Anne Ahira patut dicontoh atau dilakukan oleh orang lain, yang berarti keuntungan bagi Anne Ahira karena mendapat downline atau member baru yang berlimpah. Padahal apakah Anne menjamin keberhasilan? Jawabnya tentu tidak, karena bergantung kegigihan dan kerja keras. Kalau begitu mengapa tidak mendirikan usaha sendiri dengan hal-hal yang lebih real?

Sekali lagi, Anne Ahira menjual paket yang sudah didesain oleh sebuah team, yaitu perusahaan Retire Quickly Program. Anne Ahira yang berbahasa Inggris dan Indonesia sangat baik itu tentu dipilih untuk menjadi ujung tombak Multi Level Marketing dari Retire Quickly Program di Indonesia agar banyak yang “menanamkan” uangnya ke Retire Quickly Program. Sehingga kontroversi seorang Mojang Bandung berusia 24 tahun yang menangguk penghasilan ribuan dollar sebulan bisa menjadi the biggest hoax in Indonesian Internet in year 2004.

36 comments:

stania said...

Makasih Mas Jojo. Saya jadi mendapat 'pencerahan'. Artikel ttg Anna Ahira saya baca di KOMPAS belum lama ini (Maret 2005an -berarti sudah dua kali ya KOMPAS memuat ttg Ahira tanpa pandangan kritis; payah juga ah). Lalu mulai penasaran stelah lihat blognya Enda dan Yulian Firdaus. Blog ini melengkapi. Thanks!

Anonymous said...

Great job, Jojo. Bahasan menarik.

Jennie S. Bev

Anonymous said...

Alo,
saya hanya orang biasa yang terbuka pada ide-ide baru yag hanya dimungkinkan dengan perkembangan IT, inovasi marketing, globalisasi di segala bidang dan kemakmuran ekonoi yang relatif kita nikmati (meski krisis sudah menghanguskan banyak!). Diskusi soal Ahira ini memang sangat penting dan menaik. Posisi saya sendiri lepas bebas, saya sedang melakukan riset kecil-kecilan soal ini. Akan tetapi, satu hal yang sangat penting jadi pegangan adalah jangan sampai kita juga melupakan esensi yang disuguhkan fenomena Ahira ini yaitu : transformasi konsep kerja dan perputaran uang dan ekonomi global : bagaimana uang yang bekerja untuk kita dan bukan sebaliknya. Hal ini sudah digagas sejak Internet pertama kali diluncurkan tahu 90-an di Amerika. Sejak internet jadi kerjaan sipil, siapa yang bisa menampik betapa banyaknya inovasi baru yang muncul dan really work? Kalaupun kelak terbukti beliau Ahira hanyanya seorang yang 'cunning' yang berhasil menangguk ribuan dolar,jangan sampai Indonesia miss the point! Internet creates wealth and wealthy people and companies everywhere! Usul saya, bagaimana kalau diskusi Ahira juga melihat sisi ini biar mendorong menggubah konsep kerja tradisional dan menerima ide-ide baru dan berkreasi tidak seperti sekarang diblokir karena terlalu banyak pencuri mayanya1 Salam untuk semuanya, saya lepas bebas and carry on watching and learning.

rudy (kelimutu1542@yahoo.com)

wieka said...

??? transformasi konsep kerja dan perputaran uang dan ekonomi global : bagaimana uang yang bekerja untuk kita dan bukan sebaliknya. ???

Saya heran dengan apa yang dikatakan diatas ini.

Yang mereka lakukan adalah: bagaimana memperbanyak downline yang juga aktif memperbanyak downline, bagaimana agar orang lain mau mengorbankan diri dan uangnya untuk kita. Dengan kata lain bagaimana memperbudak orang lain.

Coba tanyakan kepada Anne Ahira, manfaat apa yang ia dapatkan dari produk yang dijual FFSI (nyata ataupun maya)? Tidak ada yang tahu. Yang kita tahu dan yang mereka gembar-gemborkan adalah: pendapatan Anne Ahira yang mencapai ribuan dollar perbulan, pendapatan yang ia peroleh dari keringat downlinenya.

Proper Ways said...

Are you wondering why some people (like myself) put comment that is sometime not related to your blog? It's simple... we just want to have a link posted in your blog so that our site will have a good place in search engine.

Please feel free to put comment in my blog as well to increase your blog popularity. But writing a comment one by one might take too long. You can grab the software like mine aswell to speed up the whole process.

Check out the Blog Linker Software Generator by clicking here

Regards,
Rezza
Owner of Properways
PS: I have ping your blog to search engines to improve you rangking in SE. This is my way of saying thank you.

usana network marketing said...

Aloha Jojo Rahardjo, I'm in Hawaiian mood as I'm listening to Ki ho'alu music (If you've not heared this type of guitar music then you are in for a treat!) so I'm not really concentrating very hard but I came across MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA looking up gen on usana network marketing. Anything to do with usana network marketing I always look at, though I do have a tendency to wander about in blogs just reading generally.

lead marketing mlm network prospect sale said...

G'day Jojo Rahardjo, what a great blog you have here, been entertained by the read. Just noticed that my brief time visiting blogs looking for marketing mlm multilevel network networking items has run into a couple of hours. Easily done when you get engrossed in what people write about. I should really use marketing mlm multilevel network networking as a search term but then I might miss places such as MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA. Besides which working all the time is boring.

usana network marketing said...

Hello Jojo Rahardjo, I've just been playing Serious Sam 2 before getting down to do some research into acn network marketing; on the whole I'd rather continue playing. First place I came to was MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA so I've been having a good time reading your blog. There are some ideas that I could maybe incorporate into acn network marketing to make it more useful. Thank you!

network marketing prospecting said...

Hi Jojo Rahardjo, this is my last visit on the 'net for now - I'm tired. I found MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA by accident as I'm searching on usana network marketing but I got fed up with that and I've been roaming about just reading what takes my fancy. Good blog you have here, I enjoyed my visit. Have a great day and it's back to usana network marketing searches for me tomorrow.

robert kiyosaki network marketing said...

Hi Jojo Rahardjo, this is my last visit on the 'net for now - I'm tired. I found MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA by accident as I'm searching on affiliate lead marketing mlm network but I got fed up with that and I've been roaming about just reading what takes my fancy. Good blog you have here, I enjoyed my visit. Have a great day and it's back to affiliate lead marketing mlm network searches for me tomorrow.

lead marketing mlm network prospect sale said...

Greetings Jojo Rahardjo, I'm looking for information and chat about donald trump network marketing and came across your site. There are some views in MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA that I can take on board. I used donald trump network marketing as one of my search terms which is how I came to visit your site. Enjoyed the read, I'll make note to come back again.

marketing mlm multilevel network networking said...

G'day Jojo Rahardjo, what a great blog you have here, been entertained by the read. Just noticed that my brief time visiting blogs looking for network marketing prospecting items has run into a couple of hours. Easily done when you get engrossed in what people write about. I should really use network marketing prospecting as a search term but then I might miss places such as MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA. Besides which working all the time is boring.

usana network marketing said...

G'day Jojo Rahardjo, what a great blog you have here, been entertained by the read. Just noticed that my brief time visiting blogs looking for robert kiyosaki network marketing items has run into a couple of hours. Easily done when you get engrossed in what people write about. I should really use robert kiyosaki network marketing as a search term but then I might miss places such as MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA. Besides which working all the time is boring.

Unicity Network said...

I found a company that pays $10 - $50/hr for shopping the classifieds!

Work At Home $10 - $50/hr Easy part/full time work, no boss, no commute, no set hours, paid every 12 days..

I'm making over $500 a day with this company and will be happy to help you do the same.

Hurry postions are filling fast!

marketing mlm multilevel network networking said...

Greetings Jojo Rahardjo, I'm looking for information and chat about network marketing prospecting and came across your site. There are some views in MEMAHAMI FENOMENA ANNE AHIRA that I can take on board. I used network marketing prospecting as one of my search terms which is how I came to visit your site. Enjoyed the read, I'll make note to come back again.

Vemma said...

Hi Jojo Rahardjo: Interesting blog. I’ll save it in my favorites. I too have a blog about AVON. <. Just in case, you’re interested in, AVON check out my site. The company is endorsed by over 350 Pro Athletes. A good site for more information is http://www.xelr8-xelr8.com. Take Care

Karl Hiunzm said...

Hey, you have a great blog here! I'm definitely going to bookmark you!

I have a kerja dari rumah site. It pretty much covers kerja dari rumah related stuff.

Come and check it out if you get time :-)

Jeego said...

Hey, you have a great blog here! I'm definitely going to bookmark you!

I have a kerja dari rumah site. It pretty much covers kerja dari rumah related stuff.

Come and check it out if you get time :-)

Karl Hiunzm said...

Hey, you have a great blog here! I'm definitely going to bookmark you!

I have a kerja dari rumah site. It pretty much covers kerja dari rumah related stuff.

Come and check it out if you get time :-)

Khairul Nizam Zainon said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website peluang perniagaan di rumah. Peluang peluang perniagaan di rumah di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Jeego said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda tips cara malas jadi kaya. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. RM200,000 dalam masa 35 hari dengan modal hanya RM10! Ini baru REAL!. Peluang dan tips cara malas jadi kaya di sini.

Karl Hiunzm said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada tips kaya dengan mudah. Peluang dan tips kaya dengan mudah di sini.

Lawatilah bila ada masa lapang :-)

Jeego said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website kerja dari rumah. Peluang kerja dari rumah di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Silver Fox said...

Our network has been looking for a Multilevel business like yours to list in our World Directory & our forum.

Hey, there is no cost and it will only take a few minutes for you to register!

Your Silver Fox Business Building Team helping build your Multilevel business!

Jeego said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda apa yang TERHANGAT DI MALAYSIA. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. Cuma bayar RM50 sekali seumur hidup dan lihat wang akan mencurah-curah ke akaun bank anda sampai bila-bila. Peluang kerja dari rumah di sini.

Jeego said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda tips kaya dengan cepat. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. RM200,000 dalam masa 35 hari dengan modal hanya RM10! Ini baru REAL!. Peluang dan tips kaya dengan cepat di sini.

Jeego said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website jana wang automatik. Peluang jana wang automatik di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Rockerz said...

Hai, Anda mempunyai blog yang hebat! Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website kaya dengan cepat. Peluang kaya dengan cepat di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Rockerz said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda apa yang BOLEH MENJADIKAN ANDA KAYA. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. Pendaftaran Percuma. Peluang kerja dari rumah di sini.

Rockerz said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website kaya dengan cepat. Peluang kaya dengan cepat di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Karl Hiunzm said...

Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website peluang perniagaan di rumah. Peluang peluang perniagaan di rumah di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Donny Wijaya said...

Hai, Nama Saya Donny dan saya sudah menekuni Internet Marketing selama 3 Tahun, dan saya akan membeberkan semua rahasia say di website saya karena saya ingin sekali membantu teman2 yang ingin berhasil lewat Internet Marketing Mohon sabar karena website saya masih dikonstruksi.

Salam Sukses
Thanks.

Donny Wijaya said...

Hai, Nama Saya Donny dan saya sudah menekuni Bisnis Walet selama 5 Tahun, dan saya akan membeberkan semua rahasia saya di website saya karena saya ingin sekali membantu teman2 yang ingin sukses lewat Sarang Burung Walet Mohon sabar karena website saya masih dikonstruksi.

Salam Sukses
Thanks.

UMOFX said...

Kalo Mau Tau Bisnis yang lagi Booming saat ini adalah Trading Forex Di UMOFX IB UMOFX UMOFXINDO UMOFX INDO UMOFX INDONESIA UMOFX BONUS DEPOSIT BROKER FOREX UMOFX BEST BROKER FOREX

Les Fisika Matematika said...

Bagus artikel ini membahas secara kritis gamblang . Saya pikir Anne Ahira banyak membuat pos 2 yang tidak relevan , tidak punya katagori , jarang ada gambar dan poin2 , terkesan kopi paste atau autoblog . Saya malah ragu dengan kemampuannya sebagai marketer kalau caranya seakan ingin posnya sering muncul di pejwan mesin pencari sepertu artikel kesehatan , tutorual membuat sesuatu seperti alat musik dengan penjelasan yang hampa .

obat kuat viagra said...


terima kasih gan semoga bermanfaat...
vimax
obat viagra
vimax
ciri vimax asli