Saya politikus? Ha..ha..ha.. saya lebih suka disebut sastrawan mbeling yang memotret situasi di sekitar saya dalam bentuk tulisan....
Welcome to my blog, anyway!

Search This Blog

Tuesday, October 26, 2004

SEARCH ENGINE DI INTERNET

BAGAIMANA MEMANFAATKAN SEARCH ENGINE
UNTUK MENAIKKAN ANGKA KUNJUNGAN KE SITUS ANDA


Internet masuk ke Indonesia hampr 10 tahun lamanya. Sejak pertama kali Internet telah dimanfaatkan bagi beberapa penggunanya untuk mengakses informasi di seluruh dunia yang sebelumnya tidak mungkin. Yahoo adalah sebuah situs pertama yang dimanfaatkan untuk menemukan informasi yang diperlukan pengguna Internet. Yahoo awalnya didirikan oleh sekelompok orang yang membuat directory yang berisi situs-situs yang ada di Internet. Dulu pengguna Internet harus mengirim e-mail ke Yahoo untuk meminta alamat informasi yang dicarinya di Internet. Kemudian dikembangkan menjadi database online yang memberikan hasil pencarian informasi secara real time, bahkan kemudian berkembang menjadi search engine yang bisa secara otomatis mencari semua situs yang ada termasuk situs yang baru dipublish di Internet untuk dimasukkan ke dalam database yang dimilikinya. Maka munculnya beberapa search engine yang menjadi terkenal seperti Altavista dan Hotbot. Kehebatan sebuah search engine amat bergantung pada besarnya database yang dimiliki.

Tulisan di bawah ini adalah mengenai bagaimana sebuah situs Internet bisa berada di dalam database sebuah search engine. Terutama bagaimana sebuah situs dapat berada pada top ten list dari hasil pencarian sebuah search engine. Misalnya ketika kita lupa pada alamat situs harian ini (Media Indonesia), kita akan memasukkan kata-kata yang paling mungkin dimiliki oleh sebuah search engine, yaitu “media indonesia”. Hasil yang didapat pada search engine GOOGLE adalah Media Indonesia berada pada urutan pertama dengan deskripsi seperti ini:
Media Indonesia Online...
Copyright © 2003 Media Indonesia. All rights reserved. Partnered with Indonesia Interactive Comments and suggestions please email miol@mediaindonesia.co.id. ...
www.mediaindo.co.id/ - 28k - 3 Aug 2004 –
Cached - Similar pages

Munculnya Media Indonesia pada hasil pencarian di search engine ini begitu penting karena bisa berpengaruh pada jumlah kunjungan ke situs Media Indonesia. Semakin banyak pengunjung, semakin mungkin untuk menghasilkan uang. Ini tentu penting bagi banyak situs baru yang dibuat oleh orang-orang atau usaha-usaha yang mencoba mengaplikasikan Internet dalam usaha atau aktivitasnya.


SEARCH ENGINE MARKETING atau SEARCH ENGINE PROMOTION

Ada beberapa cara agar Media Indonesia bisa berada di urutan pertama dari hasil pencarian di Google sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini. Di Internet pekerjaan yang mengupayakan sebuah situs untuk selalu berada di urutan atas dari hasil pencarian di search engine disebut sebagai “search engine marketing” atau “search engine promotion”.

Terminologi "search engine marketing" dan "search engine promotion" mengacu pada seluruh tahapan dari memasarkan situs Internet pada search engines, termasuk terminologi optimization, submission, serta menjalankan paid listing (membayar agar berada pada urutan tertentu) dan sebagainya. Terminologi ini juga mengacu kepada bagaimana sebuah situs berinteraksi dengan semua search engines, sehingga netter yang menjadi target visitor bisa mengunjungi situs tersebut.

Semua pemilik atau pembuat situs menginginkan situsnya banyak dikunjungi oleh netter dengan mengupayakan situsnya berada dalam urutan teratas atau top listing dari hasil pencarian major search engine. Di luar top ten bisa berarti tidak akan diperhatikan oleh pengguna search engine, karena biasanya pengguna search engine akan menjadi lelah setelah memeriksa situs-situs di top ten itu.

Namun sebelumnya harus dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan Search engine di sini, yaitu crawler-based search engine, atau search engine yang bekerja secara otomatis melakukan crawler untuk menemukan situs baru dan mencatat isinya. Search engine juga mencatat perubahan yang terjadi dalam sebuah situs ketika kembali melakukan crawler pada situs yang sudah pernah di-crawler sebelumnya. Semua yang ditemukan oleh search engine akan dicatat di dalam index atau kadang disebut dengan catalog yang merupakan sebuah buku raksasa berisi copy dari setiap situs yang ditemukan oleh search engines. Jika sebuah situs berubah, maka index ini pun akan diupdate.

Sebenarnya ada 2 jenis search engine dan seringkali digambarkan sama antara crawler-based search engine dengan human-powered directories (directories). Padahal 2 jenis search engine ini berbeda jauh sekali. Human-Powered Directories, seperti Open Directory, bergantung pada manusia untuk membuat listing dari hasil pencariannya. Merubah isi situs akan tidak memiliki efek apa-apa terhadap listing, kecuali situs yang isinya berubah itu didaftarkan kembali.

Menurut riset yang dilakukan oleh SearchEngineWatch.com, urut-urutan (menurut well-known atau well-used) major crawler-based search engine ini adalah Google, Yahoo, Ask Jeeves, AllTheWeb, AOL Search, Hotbot, Teoma, AltaVista, Gigablast, LookSmart, Lycos, MSN Search, Netscape Search.

Memang search engine bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan traffic (hit) yang tinggi dari sebuah situs, sebagaimana misalnya Yahoo yang memiliki traffic yang tinggi pada masa awal Internet lahir karena word-of-mouth dari mulut ke mulut bukan memanfaatkan top ten listing di search engine. Yahoo pada masa itu menyediakan directory terlengkap di Internet. Dan sekarang Yahoo dengan Yahoo Groups-nya menjadi tambah tinggi trafficnya karena menyediakan layanan alamat e-mail gratis dan discussion groups yaitu situs gratis tempat berdiskusi untuk topik apa pun yang kita inginkan. Hampir semua orang saat ini adalah anggota dari paling tidak satu atau lebih dari yahoo groups.

Tetapi amatlah sayang jika sebuah situs tidak bisa ditemukan oleh search engine hanya karena situs itu tidak search engine friendly. Karena sebuah situs penjualan produk jika tidak dapat ditemukan oleh search engine bisa berarti ribuan calon pembeli gagal membeli setiap bulan. Search engines are one of the primary ways that Internet users find web sites. That's why a web site with good search engine listings may see a dramatic increase in traffic. Everyone wants those good listings. Unfortunately, many web sites appear poorly in search engine rankings or may not be listed at all because they fail to consider how search engines work (SearchEngineWatch.com).

Search engine friendly itu sebenarnya hanya sederhana yaitu hanya mengenai beberapa hal yang tidak banyak orang ingin mempelajarinya yaitu:

Target Keywords
Position of Keywords
Relevant Content with Keywords
Avoid Search Engine Stumbling Blocks
Java Scripts
Frames
Images
Tables
HTML links
Building Links with other relevant website

Maka pembuat situs yang ingin situsnya mendekati top listing harus melakukan tahapan kerja seperti di bawah ini.

Memahami isi sebuah situs untuk memenuhi apa yang diperlukan search engine. Di dalamnya termasuk mempelajari hal-hal yang dapat menjadi hambatan untuk berada di top listing seperti tables dan java scripts, juga frames dan images. Juga memberikan features bagi search engine untuk menempatkan situs itu ke dalam top listing.
Topic & Relevant Content with Keywords
HTML links
Building Links with other relevant website
Avoid Search Engine Stumbling Blocks
i. Java Scripts
ii. Frames
iii. Images
iv. tables
Merancang meta tag
Target Keywords
Position of Keywords
Meta description
Meta keywords
Submitting To Directories: Yahoo, LookSmart & The Open Directory
Memonitor posisi listing
Mempelajari features apa saja yang tersedia oleh search engine untuk diterapkan.

Tahapan kerja ini saya gambarkan secara lebih rinci di bawah ini.

1. WEB CONTENT ANALYSES

a. Topic & Relevant Content with Keywords

Membaca dan menganalisa isi sebuah situs untuk menentukan topik dan hal-hal yang berkaitan dengan text yang termuat di dalamnya untuk menentukan target keywords pada tahapan kerja selanjutnya (dijelaskan lebih lanjut).

b. HTML hyperlinks

Jangan ragu untuk membuat HTML link ke halaman-halaman lain di dalam sebuah situs. Hal ini akan mempermudah search engine untuk menemukan isi sebuah situs secara mendalam. Kadang halaman-halaman yang lebih deskriptif atau relevan berada di halaman-halaman selanjutnya atau halaman yang lebih dalam dibanding halaman homepage. Bahkan pertimbangkan untuk membuat site map atau daftar isi sebuah situs dengan HTML hyperlinks-nya .

c. Building Links

Membangun links amat diperlukan untuk mendekati top listing dengan cara meminta situs atau halaman lain yang relevan untuk membuat link ke situs anda dan sebaliknya. Ini memang pekerjaan yang sulit karena hampir semua webmaster tidak akan tertarik karena mereka tidak melihat untungnya apalagi jika mereka adalah situs dengan isi yang sama dengan situs anda. Misalnya dalam pencarian “Koleksi Perangko” ada top ten situs yang berisi sama dengan situs anda, maka top ten ini adalah pesaing anda yang tentu saja paling kuat karena berada di top ten dan juga memiliki hit yang tinggi. Situs-situs ini tentu tidak memiliki kepentingan untuk menempatkan situs anda di dalam halaman-halamannya kecuali mereka mengerti How Search Engine Works. Semua Search Engine menentukan ranking sebuah situs salah satunya berdasarkan link analyses. Namun demikian meski meminta situs lain yang relevan membuatkan link untuk situs anda dan sebaliknya adalah pekerjaan yang sulit, tetapi lebih sulit lagi bahkan mustahil untuk meminta situs lain yang tidak relevan.

Building Link menjadi penting karena situs-situs yang kita minta buatkan link ke situs kita adalah situs-situs yang terbukti di search engine sebagai top ten yang tentu saja bisa diasumsikan sebagai situs-situs dengan “hit tinggi” di antara situs-situs lain dengan target keywords “Koleksi Perangko”. Dengan “hit tinggi” itu tentu kita bisa lebih berharap adanya kunjungan ke situs kita melalui situs mereka.

d. Avoid Search Engine Stumbling Blocks

Search engine melihat halaman situs sama seperti sebuah program browser jaman dulu. Search Engine hanya membaca text bukan image, juga tidak membaca frames. Search engines hanya akan membuat index dari tiap-tiap halaman yang menjadi bagian dari frames tetapi tidak membuat index dari halaman yang berisi frames.

Begitu juga dengan tables yang tidak dapat dibaca oleh search engines, karena kata-kata atau kalimatnya akan menjadi terpisah-pisah, bahkan keywords menjadi kurang relevan di dalam tables.

JavaScript yang besar dapat memiliki efek yang sama dengan tables. Search engines akan membacanya lebih dahulu, sehingga menyebabkan normal HTML text akan terlihat oleh search engine lebih rendah. Jadi letakkan script di posisi paling bawah kalau bisa.

Sering sebuah situs membuat link ke halaman lain melalui sebuah image, padahal search engine tidak dapat mengikuti atau mengunjungi halaman yang ada dalam link itu yang mungkin amat penting atau amat relevan. Jadi jika image itu begitu penting untuk ditampilkan, maka tampilkan juga text-nya yang memiliki HTML hyperlinks ke halaman lain yang dimaksud.


2. MERANCANG META TAG

a. Target Keywords

Kata-kata apa yang ditulis netter ketika mencari sebuah situs? Misalnya jika netter menulis kata-kata “Koleksi Perangko” di sebuah search engine, maka kata-kata yang ditulis netter disebut sebagai Target Keywords.

Setiap halaman dari sebuah situs itu bisa berbeda target keywords untuk menggambarkan isi dari halamannya, seperti halaman tentang Sejarah Perangko. Target Keywords seharusnya terdiri dari 2 kata atau lebih bukan 1 kata, karena dengan satu kata misalnya “Perangko” menjadikan target keywords-nya sangat tidak unik sehingga kesempatan menempati top ten menjadi berkurang.

b. Position of Keywords

Letakkan Target Keywords ini pada tempat yang tepat, yaitu pada HTML title tag. Title ini atau Target Keywords ini mirip dengan headlines dari surat kabar yang selalu atraktif dan pendek tetapi dapat mendorong minat pembaca untuk menelusuri beritanya. Target Keywords-nya ini juga harus tertulis pada halaman situs dan kalau bisa pada paragraph pertama.

Jadi Title tidak dapat ditulis apa saja, karena Title atau Target Keywords ini harus merefleksikan isi dari halaman situs itu. Search Engine menempatkan ranking berdasarkan relevansi antara Title (Target Keywords) dengan isi situs. Frequency is the other major factor in how search engines determine relevancy. A search engine will analyze how often keywords appear in relation to other words in a web page. Those with a higher frequency are often deemed more relevant than other web pages (SearchEngineWatch.com).

Sebenarnya HTML title tag bukan sebuah meta tag, tetapi amat berkaitan dengan meta tag. Text apa pun yang diletakkan di dalam title tag (antara TITLE dan /TITLE) akan muncul di reverse bar dari browser ketika mengunjungi sebuah situs.

Title tag juga digunakan sebagai kata-kata untuk menggambarkan sebuah situs ketika netter melakukan adds to their "Favorites" or "Bookmarks" lists.

c. Meta Description

Meta Description tag adalah feature untuk mempengaruhi search engine dalam menggambarkan sebuah situs di dalam halaman hasil pencariannya. Deskripsi yang baik adalah sebuah kalimat dengan tidak lebih dari 25 kata yang paling menggambarkan isi sebuah situs atau kata-kata yang diinginkan paling mewakili gambaran sebuah situs.

d. Meta Keywords

Meta Keywords berguna sebagai sebuah cara untuk membangun hubungan dengan sebuah situs ketika netter memasukkan kata-kata sinonim atau tidak biasa dan tidak ada di dalam sebuah situs. Meta keywords menaikkan kemungkinan sebuah situs muncul dalam listing hasil pencarian.

Misalnya di dalam sebuah situs mengenai “Penny Black Stamp” tidak pernah disebutkan kata “collecting”. Dengan mencantumkan kata “collecting” pada Meta Keywords tag, maka situs tersebut menambah peluang untuk muncul dalam halaman pencarian ketika netter memasukkan kata “penny black stamp collecting”.


3. PENDAFTARAN KE DIRECTORIES: YAHOO, LOOKSMART & THE OPEN DIRECTORY

Directories adalah search engine yang indexnya dibuat secara manual oleh manusia atau tidak otomatis. Human editors menyusun semua daftar situs yang dimiliki oleh directories misalnya dari submission yang dilakukan oleh pemilik situs. Jika sebuah situs baru sudah terdaftar di directories oleh human editors, maka crawler-based search engine akan lebih mungkin dan cepat menemukan situs tersebut dan menempatkannya di listing mereka secara otomatis.

Beberapa directories yang terkenal adalah Yahoo, Looksmart, The Open Directory

Sebagaimana membuat target keywords, deskripsi yang didaftarkan ke directories harus sesuai dengan isi situs. Paling banyak 25 kata harus disusun untuk membuat deskripsi dari sebuah situs. Amat disarankan untuk tidak menggunakan bahasa marketing. Misalnya sebuah situs yang menjual sepatu, sebaiknya tidak membuat deskripsinya seperti ini: “World's LARGEST online shoe store with the best prices from the greatest brands!!!!” Tetapi gunakan kalimat seperti ini: “Purchase athletic shoes, running shoes, hiking boots and other footwear plus try our cross country trail finder”.


4. MEMONITOR POSISI RANKING

Paling tidak diperlukan 3 minggu bagi sebuah situs baru untuk muncul dalam halaman hasil pencarian search engines setelah didaftarkan dan dilakukan pekerjaan yang membuat sebuah situs menjadi search engine friendly. Semua pekerjaan itu disebut sebagai pekerjaan search engine marketing & promotion. Setelah itu pengecekan harus dilakukan paling tidak seminggu sekali untuk memastikan sebuah situs mendapat ranking yang baik atau mendekati top ten serta dideskripsikan sebagaimana yang kita inginkan. Kadang hal-hal aneh bisa terjadi setiap hari karena mungkin ratusan bahkan ribuan situs lain dengan target keywords yang sama sedang mencoba untuk mendapatkan top ten. Perlu diketahui juga bahwa search engine juga mengunjungi situs-situs berdasarkan periode waktu tertentu dan search engine dapat merubah periode waktunya berdasarkan temuannya apakah sebuah situs di-update 1 minggu sekali, 1 bulan sekali atau 1 tahun sekali sehingga periode waktu situs itu diupdate lah yang akan menjadi perode waktu bagi sebuah search engine untuk mengunjungi situs itu.


5. MEMPELAJARI FEATURES APA SAJA YANG TERSEDIA OLEH SEARCH ENGINE UNTUK DITERAPKAN.

Salah satu features yang disediakan oleh search engines dan yang tidak direkomendasikan adalah “Search Engine Paid Listing Scheme” yaitu untuk mendapatkan top ten dengan cara membayar. Berdasarkan pengalaman, skema ini tidak dianjurkan karena tanpa membayar sebuah situs bisa mendapat listing setelah paling tidak 3 minggu.

Di bawah ini adalah harga untuk muncul di top ten dari hasil pencarian search engine hanya untuk jangka waktu 1 bulan:

LookSmart $230
Overture (GoTo) $50
Google $25
FindWhat $25
Yahoo $300
Crawlers $140
Paid Listings $330

Setiap situs Internet adalah unik. Meski ada banyak situs yang berisi mengenai hal yang sama, misalnya situs tentang perangko akan menjadi berbeda satu sama lain karena di dalam tiap-tiap situs bisa memuat informasi yang berbeda tentang koleksi perangko yang ditampilkan di dalam situs. Setiap text yang termuat di dalam sebuah situs adalah dasar untuk menentukan keywords yang mempengaruhi posisi listing sebuah situs di search engine. Karena itu pekerjaan search engine marketing & promotion tidak dapat berdasarkan sebuah strategy yang sama untuk tiap-tiap situs Internet. Terutama strategy yang berhubungan dengan keywords.

Jadi yang dimaksudkan dengan search engine marketing & promotion di atas adalah satu pekerjaan yang dilakukan untuk sebuah situs Internet yang sudah online di Internet dan terdiri dari 1 atau lebih halaman termasuk link-link yang dimilikinya ke situs lain agar situs tersebut bisa lebih search engine friendly dan posisi listing-nya mendekati atau berada di top ten dari hasil pencarian major search engine.

1 comment:

Donny Wijaya said...

Hai, Nama Saya Donny dan saya sudah menekuni Internet Marketing selama 3 Tahun, dan saya akan membeberkan semua rahasia say di website saya karena saya ingin sekali membantu teman2 yang ingin berhasil lewat Internet Marketing Mohon sabar karena website saya masih dikonstruksi.

Salam Sukses
Thanks.